TINJAUAN ATAS SOSIALISASI PERATURAN PERPAJAKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAJALAYA

Main Article Content

Apit Yuliman Ermaya Rista Ristiani

Abstract

Penelitian ini untuk meninjau mengenai sosialisasi peraturan perpajakan dalam upaya peningkatan kepatuhan wajib pajak, salah satunya pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan khususnya orang pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunanakan metode deskriptif serta di analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi studi kepustakaan, wawancara dan kegiatan observasi. Hasil penelitian  ini menjelaskan bahwa pelaporan SPT Tahunan khususnya orang pribadi dari tahun ke tahun meningkat, hal tersebut dapat diketahui dari jumlah penerimaan SPT Tahunan yang terus meningkat. Kendati tersebut tingkat kepatuhan wajib pajak masih kurang dikarenakan tidak sedikit wajib pajak yang masih lalai dalam kewajibannya sebagai wajib pajak. Kurangnya sosialisasi mengenai peraturan perpajakan menjadi pemicu kurang pahamnya masyarakat mengenai perpajakan, beberapa penyebabnya seperti kurangnya tempat dan fasilitas yang mendukung kegiatan sosialisasi, hal ini berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Tetapi secara keseluranan tingkat kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya dalam pelaporan SPT Tahunan orang pribadi dari tahun ke tahun meningkat.


 


Kata kunci : sosialisasi, pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan orang pribadi, kepatuhan wajib pajak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ERMAYA, Apit Yuliman; RISTIANI, Rista. TINJAUAN ATAS SOSIALISASI PERATURAN PERPAJAKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAJALAYA. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 5-9, july 2019. ISSN 1978-0060. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/81>. Date accessed: 19 july 2019.
Section
Articles