SIMULASI PERHITUNGAN INTENSITAS RADIASI DAN ENERGI SURYA DENGAN TURBO PASCAL 5.5

  • Ahmad Kurnia

Abstract

Potensi Energi Surya sebagai energi baru dan terbarukan di Indonesia sangat besar, per-harinya  mencapai  4800 watt-jam/m2 atau 17 juta joule/m2.  Salah satu faktor penyebabnya karena letak geografis Indonesia di daerah tropis, dimana matahari memancarkan sinarnya setiap tahun. Melihat begitu besarnya potensi energi surya, maka perencanaan pemanfaatannya sangat diperlukan, dan untuk tujuan dimaksud perlu simulasi perhitungan dalam memprediksi besarnya energi surya di suatu lokasi. Tulisan ini membahas simulasi perhitungan model matematis radiasi surya dengan menghitung radiasi surya global dari persamaan geometri surya dan data kondisi cuaca di suatu lokasi. Perhitungan menggunakan program Turbo Pascal 5.5, salah satu program  yang banyak digunakan untuk komputasi di bidang sains dan teknik. Hasil perhitungan untuk energi harian rata-rata dengan sampel kota Bandung, diperoleh  yang tertinggi pada bulan Januari yakni 8515 Wh/m2  dan terendah bulan Juli  5936 Wh/m2.


Untuk perbedaan hasil simulasi besarnya radiasi surya global per detik di kota Bandung pada radiasi puncak (tengah hari pukul 11.00 – 13.00) antara bulan Januari dan Juli mencapai 486 W/m2 . Sedangkan perbedaan besar radiasi surya bila dilihat hanya pengaruh jarak bumi-matahari, yakni radiasi saat jarak terjauh (aphelion) tanggal 6 Juli dan saat jarak terdekat (perihelion) tanggal 5 Januari, hanya berbeda  57,9 W/m2.  Ini berarti Deklinasi Surya kota Bandung pada bulan Januari dan Juli menjadi faktor utama tinggi-rendahnya radiasi surya di dua bulan tersebut dan bukan karena faktor jarak bumi-matahari terdekat dan terjauh. Hasil perhitungan dalam simulasi ini cukup akurat, hanya berbeda  3,6%  dengan hasil pengukuran oleh LAPAN, sehingga  model matematis simulasi perhitungan energi radiasi surya ini dapat digunakan untuk perencanaan pemanfaatan energi surya di suatu tempat dalam suatu waktu tertentu.


 


Kata kunci:   energi surya, radiasi surya global, simulasi perhitungan, aphelion-perihelion, deklinasi surya


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 9, 2021
How to Cite
KURNIA, Ahmad. SIMULASI PERHITUNGAN INTENSITAS RADIASI DAN ENERGI SURYA DENGAN TURBO PASCAL 5.5. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 292-300, sep. 2021. ISSN 2776-723X. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/529>. Date accessed: 29 nov. 2021.
Section
Articles