PENGARUH VARIASI KONSENTRASI GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK BIODEGRADASI DAN WATER UPTAKE BIOPLASTIK DARI SERBUK TONGKOL JAGUNG

  • Lusi Marlina
  • Gia Nurhalliza

Abstract

Abstrak


Permasalahan limbah plastik sintetis menunjukan tren peningkatan setiap tahunnya, oleh karena itu, diperlukan bahan plastik yang diperoleh dari sumber yang dapat diperbaharui, mudah diuraikan secara alami untuk digunakan material pengganti plastik sintetis. Bioplastik dapat dibuat dari material mentah yang mengandung pati dan selulosa. Jenis plastik biodegradable ini mampu terurai lebih baik daripada plastik non-biodegradable, sehingga tidak akan berakibat pada pencemaran alam dan kesehatan manusia. Bahan alam yang digunakan pada penelitian ini memanfaatkan tongkol jagung sebagai pengganti bahan dasar pembuatan plastik biodegradable. Tongkol jagung merupakan sumber pati yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tongkol jagung mempunyai kadar lignin sebanyak 15,8%, protein 4,64%, namun memiliki kadar selulosa yang tinggi yaitu 40%. Tongkol jagung merupakan komoditas hasil samping yang berpotensi dikembangkan, salah satunya untuk bahan dasar bioplastik. Sifat, kekuatan fisik, dan mekanik plastik biodegradable dapat ditingkatkan dengan menambahkan bahan-bahan plasticizer gliserol dan kitosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi gliserol terhadap sifat biodegradasi dan water uptake bioplastik dari serbuk tongkol jagung. Metode yang digunakan yaitu metode Melt intercalation, bahan baku penelitian ini menggunakan perbandingan variasi gliserol 0 ml, 2 ml, dan 4 ml serta serbuk tongkol jagung 3 gram dan kitosan sebanyak 5 gram. Lembaran plastik biodegradable dari hasil penelitian adalah berbentuk lembaran-lembaran tipis film yang telah diuji, sehingga didapatkan karakteristik plastik biodegradable yang terbaik dan mendekati SNI 7188.7-2016 terdapat pada komposisi serbuk tongkol jagung 3 gr, gliserol 2 ml, dan kitosan 5 gr dengan nilai ketahanan air sebesar 96,8%, waktu biodegradasi sempurna selama 8 hari dan ketebalan plastik biodegradable sebesar 0,22 mm.


 


Kata Kunci: plastik biodegradable, tongkol jagung, pati, gliserol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 9, 2021
How to Cite
MARLINA, Lusi; NURHALLIZA, Gia. PENGARUH VARIASI KONSENTRASI GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK BIODEGRADASI DAN WATER UPTAKE BIOPLASTIK DARI SERBUK TONGKOL JAGUNG. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 279-286, sep. 2021. ISSN 2776-723X. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/527>. Date accessed: 29 nov. 2021.
Section
Articles