ANALISA RASIO KERUGIAN ALIRAN FLUIDA PADA ELBOW PVC DENGAN VARIASI SPASING DAN MODE ALIRAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

  • Erdiansyah .

Abstract

Penggunaan pipa PVC dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan air bersih telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Selain karena kemudahan dalam instalasi, pipa PVC juga dikenal kuat dan mempunyai daya tahan di lingkungan indoor dan outdoor. Walau demikian pipa PVC mempunyai batas kekuatan akan tekanan yang bekerja terutama dalam varian elbow PVC. Dalam tulisan ini penulis akan mencoba analisa perbandingan (rasio) kerugian aliran air perhitungan manual pada elbow dengan perhitungan menggunakan Computational Fluid Dynamics dengan variasi spasing mesh dan mode perhitungan.


Kata kunci: pipa pvc, elbow, software, meshing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 9, 2021
How to Cite
., Erdiansyah. ANALISA RASIO KERUGIAN ALIRAN FLUIDA PADA ELBOW PVC DENGAN VARIASI SPASING DAN MODE ALIRAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 15, n. 3, p. 273-278, sep. 2021. ISSN 2776-723X. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/526>. Date accessed: 29 nov. 2021.
Section
Articles