MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING

Main Article Content

Yana Cahya Kirana

Abstract

Lemahnya kemampuan penalaran matematis siswa disebabkan oleh jarangnya dilakukan upaya pengembangan kemampuan penalaran disekolah-sekolah, akibatnya siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika . Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII disatu sekolah SMP, sedangkan sampelnya diambil dua kelas yaitu satu kelas yang dijadikan kelas eksperimen dan satu kelas lagi dijadikan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pretes, kemudian pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing secara berkelompok diberikan kepada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Instrumen terdiri dari tes kemampuan penalaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa: (1) pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan metode biasa, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan metode biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KIRANA, Yana Cahya. MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 169-175, may 2012. ISSN 1978-0060. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/48>. Date accessed: 24 aug. 2019.
Section
Articles