Analisis Kemampuan Menyimak Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI Di SMK TELKOM Bandung
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan menyimak dalam mendukung semua pembelajaran di sekolah. Seseorang yang memiliki tingkat kemampuan menyimak yang baik maka kemampuan dalam menerima berbagai informasi pun akan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan profil pembelajaran menyimak Bahasa Indonesia dan untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Telkom Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian, yaitu kelas XI Multimedia 2 SMK Telkom Bandung. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak pidato, yaitu 95 % berkategori baik sekali, kemampuan menyimak wawancara, yaitu 63,5 % berkategori cukup, kemampuan menyimak wacana, yaitu 56,06 % berkategori cukup, kemampuan menyimak cerpen, yaitu 52, 14% berkategori kurang, dan kemampuan menyimak drama 64,28 % yang berarti cukup. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XI di SMK Telkom Bandung, yaitu sebesar 66, 2% dengan kategori baik.
Kata kunci: menyimak, pembelajaran menyimak, kemampuan menyimak