DAPATKAH SERVICE VALUE STREAM MANAGEMENT (SVSM) DI APLIKASIKAN PADA JASA SERVICE KENDARAAN BERMOTOR SEBUAH ULASAN DARI SVSM

  • Firdhani Faujiyah
  • Fikri Indra Maulana

Abstract

Lean telah berkembang dan digunakan secara luas dalam berbagai sektor di industri. Minat akan Lean pada
industri jasa meningkat sejak tahun 2004 hingga saat ini, tetapi masih sedikit studi empiris yang meneliti
tentang implementasi dari lean pada industri jasa dan efeknya pada performansi. Service Value Stream
Management (SVSM) merupakan konsep dari Value Stream Management (VSM) pada industri jasa. SVSM
terdiri dari 6 langkah yang menggunakan beberapa lean tools untuk meningkatkan produktivitas jasa. Dilain
hal, peningkatan kepemiikian kendaraan bermotor di Indonesia adalah yang terbesar di ASEAN, hal ini
menjadikan servis kendaraan bermotor menjadi bagian yang penting dalam industri kendaraan bermotor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi, apakah SVSM dapat diaplikasikan pada servis kendaraan
bermotor sebagai kontribusi atas pernyataan bahwa lean dapat diaplikasikan pada industri jasa.
Kata Kunci: Lean Jasa, SVSM, Lean Tools, dan Service Kendaraan Bermotor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 6, 2019
How to Cite
FAUJIYAH, Firdhani; MAULANA, Fikri Indra. DAPATKAH SERVICE VALUE STREAM MANAGEMENT (SVSM) DI APLIKASIKAN PADA JASA SERVICE KENDARAAN BERMOTOR SEBUAH ULASAN DARI SVSM. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 41-48, sep. 2019. ISSN 2776-723X. Available at: <https://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/204>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles