Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Sunda Mengenai Etude Notasi & Permainan Tradisional Berbasis Multimedia (Studi Kasus SDN Sariwangi)

Indonesia

  • Dini Rohmayani Politeknik TEDC
  • Sari Rahmawati
  • Ari Sudrajat
  • Aris Haris Rismayana

Abstract

Keberadaan multimedia membawa perubahan bagi pengguna komputer dalam berinteraksi dengan komputer lainnya melalu penggabungan antara media grafis, teks, suara. Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat membutuhkan pemanfaatan multimedia dalam suatu bentuk media pembelajaran dan pengajaran bagi guru yang interaktif untuk lebih memudahkan dalam memahami pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran yang kurang dinamis akan menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis diperoleh data pada mata pelajaran B.Sunda, maka dari itu penulis ingin membuat suatu aplikasi yang mampu meningkatkan kepahaman siswa dalam hal belajar budaya Sunda berbasis multimedia yang dibangun menggunakan aplikasi Adobe Animate dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pembuatan aplikasi ini juga menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi ini dilakukan pengujian yaitu pengujian Black Box Testing agar dapat mendapatkan hasil yang diharapkan dan juga menggunakan pengujian User Acceptance Test (UAT). Berdasarkan hasil User Accetance Test (UAT) yang telah dilakukan bahwa aplikasi Budaya sunda etode note dan permainan tradisional ini secara fungsional memperoleh presentase kesesuaian yaitu 80,4% yang dimana aplikasi tersebut dapat membantu murid mengerti apa isi dalam materi etode note dan permainan tradisional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
ROHMAYANI, Dini et al. Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Sunda Mengenai Etude Notasi & Permainan Tradisional Berbasis Multimedia (Studi Kasus SDN Sariwangi). Journal of Informatics and Electronics Engineering, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 66-75, dec. 2021. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/jiee/article/view/562>. Date accessed: 04 dec. 2022.
Section
Articles