Optimasi Penjadwalan Flow Shop Perusahaan Garment dengan Metode Campbell Dudek Smith (CDS), Algoritma Nawaz Enscore Ham (NEH), dan Algoritma Pour dengan Kriteria Minimisasi Makespan

  • Riri Damayanti Apnena Politeknik TEDC Bandung

Abstract

Perusahaan Garment ini telah menerapkan penjadwalan flow shop dengan sistem First Come First Serve (FCFS). Sistem pada perusahaan memiliki permasalahan saat pesanan datang di saat yang sama akan berpengaruh pada waktu pengerjaan pada mesin yang mengakibatkan timbulnya waktu tunggu atau (idle time) tentu berpengaruh pada nilai makespan. Penelitian ini melakukan perbandingan hasil makespan pada penjadwalan mesin menggunakan berbagai tingkat penyelesaian, yaitu metode penjadwalan mesin (Metode CDS dan Algoritma NEH) dan heuristic penjadwalan mesin (Algoritma Pour) dengan kriteria minimisasi makespan. Nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Metoda CDS adalah 42.45 jam dengan terdapat 2 urutan job-nya yaitu (job 4 - job 3 - job 2 - job 1 - job 5) dan (job 3 - job 1 - job 2 - job 4 - job 5). Nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Algoritma NEH adalah 39.43 jam dengan terdapat 4 urutan job-nya yaitu (job 1 - job 3 - job 4 - job 5 - job 2); (job 1 - job 3 - job 5 - job 4 - job 2), (job 1 - job 5 - job 3 - job 4 - job 2); (job 5 - job 1 - job 3 - job 4 - job 2). Sedangkan nilai makespan dari hasil penjadwalan dengan Algoritma Pour adalah 39.43 jam dengan urutan job-nya yaitu job 5 - job 1 - job 3 - job 4 - job 2 yang artinya sama dengan nilai makespan yang didapatkan pada Algoritma NEH.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 26, 2021
How to Cite
APNENA, Riri Damayanti. Optimasi Penjadwalan Flow Shop Perusahaan Garment dengan Metode Campbell Dudek Smith (CDS), Algoritma Nawaz Enscore Ham (NEH), dan Algoritma Pour dengan Kriteria Minimisasi Makespan. Journal of Informatics and Electronics Engineering, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-35, oct. 2021. Available at: <http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/jiee/article/view/530>. Date accessed: 17 may 2022.
Section
Articles